Minggu, 06 Maret 2011

Bantahan atas topik :Siapa Anak Pengorbanan, Ismael atau Ishak?,


(Theolog Kristen) Said :

Ada banyak tudingan ditujukan kepada Alkitab perihal siapa yang dikorbankan oleh Abraham dan sebutan "anak-tunggal" bagi Ishak, misalnya di 45-qurban-kebusukan-taurat-israel-vt693.html#p1610 dan beberapa therad lain di Situs SP Biblika ini.

Ada beberapa perbedaan mendasar pada pemahaman diantara agama-agama Samawi/Semitik (Yudaisme, Kristiani vs Islam), mengenai siapa yang disebut sebagai Anak Perjanjian : ISHAK atau ISMAEL. Alkitab dengan jelas menyebut nama ISHAK (Ibrani, יצחק - YITSKHAQ), sedangkan Kitab yang lain 'tidak menyebut nama' melainkan hanya kata 'anak' saja, dan kemudian ini ditafsirkan sebagai Ismael.

Alkitab mencatat bahwa Ishak adalah "anak Tunggal" (Ibrani יחיד - YAKHIDyõd-khêt-yõd-dâlet) bagi Abraham :


* Kejadian 22:2LAI TB, Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu." KJV, And he said, Take now thy son, thine only son Isaac, whom thou lovest, and get thee into the land of Moriah; and offer him there for a burnt offering upon one of the mountains which I will tell thee of.Hebrew, 
וַיֹּאמֶר קַח־נָא אֶת־בִּנְךָ אֶת־יְחִידְךָ אֲשֶׁר־אָהַבְתָּ אֶת־יִצְחָק וְלֶךְ־לְךָ אֶל־אֶרֶץ הַמֹּרִיָּה וְהַעֲלֵהוּ שָׁם לְעֹלָה עַל אַחַד הֶהָרִים אֲשֶׁר אֹמַר אֵלֶיךָ׃
Translit, VAYO'MER QAKH-NA' 'ET-BINKHA 'ET-YEKHIDKHA 'ASYER-'AHAVTÂ 'ET-YITSKHAQ VELEKH-LEKHA 'EL-'ERETS HAMORIYAH VEHA'ALEHU SYAM LE'OLAH 'AL 'AKHAD HEHARIM 'ASYER 'OMAR 'ELEYKHA


* Kejadian 22:12LAI TB, Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku."KJV, And he said, Lay not thine hand upon the lad, neither do thou any thing unto him: for now I know that thou fearest God, seeing thou hast not withheld thy son, thine only son from me.Hebrew, 
וַיֹּאמֶר אַל־תִּשְׁלַח יָדְךָ אֶל־הַנַּעַר וְאַל־תַּעַשׂ לֹו מְאוּמָּה כִּי ׀ עַתָּה יָדַעְתִּי כִּי־יְרֵא אֱלֹהִים אַתָּה וְלֹא חָשַׂכְתָּ אֶת־בִּנְךָ אֶת־יְחִידְךָ מִמֶּנִּי׃
Translit, VAYO'MER 'AL-TISYLAKH YADEKHA 'EL-HANA'AR VE'AL-TA'AS LO ME'UMÂH KI 'ATAH YADA'TI KI-YERE' 'ELOHIM 'ATAH VELO' KHASAKHTA 'ET-BINKHA 'ET-YEKHIDKHA MIMENI


Ada beberapa yang menjadi dasar penyebutan "anak tunggal" :

1. Ishak dikatakan "anak tunggal" karena pada saat itu tidak ada anak lain lagi, lihat Kejadian 21:14 yaitu peristiwa sebelum terjadinya "pengorbanan-anak" ini, bahwa Hagar dan Ismael sudah "diusir" dari rumah Abraham.

2. Ishak disebut "anak tunggal" karena Allah menetapkan yang menjadi keturunan Abraham Adalah yang berasal dari Ishak.



Memang, Ismael adalah anak Abraham juga :


* 1 Tawarikh 1:28LAI TB, Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael.KJV, The sons of Abraham; Isaac, and Ishmael.Hebrew, 
בְּנֵי אַבְרָהָם יִצְחָק וְיִשְׁמָעֵאל׃ ס
Translit, BENEY'AVRAHAM YITSKHAQ VEYISYMA'E'L


Disamping itu, selanjutnya masih ada lagi anak-anak dari peremuan yang bernama KETURA :


* 1 Tawarikh 1:32-33
1:32 Keturunan Ketura, gundik Abraham: perempuan itu melahirkan Zimran, Yoksan, Medan, Midian, Isybak dan Suah. Anak-anak Yoksan ialah Syeba dan Dedan.
1:33 Anak-anak Midian ialah: Efa, Efer, Hanokh, Abida dan Eldaa. Itulah semuanya keturunan Ketura.



Sesuatu yang menarik untuk disimak, ada berapa orang anak Ibrahim Al~Qur'an?

Saya kutip ayat-ayat Al~Qur'an tentang Ishak:


* Q.S. 4:163
Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu kepada Ibrahim, Isma'il, 'ISHAK', Ya'qub dan anak cucunya, 'Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud."

* Q.S. 6:84
Dan Kami telah menganugerahkan 'ISHAK' dan Yaqub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik."

* Q.S. 11:71
Dan isterinya berdiri lalu dia tersenyum, maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang 'ISHAK' dan dari 'ISHAK' Ya'qub."

* Q.S. 12:38
Dan aku pengikut agama bapak-bapakku yaitu Ibrahim, Ishak dan Ya'qub. Tiadalah patut bagi kami mempersekutukan sesuatu apapun dengan Allah. Yang demikian itu adalah dari karunia Allah kepada kami dan kepada manusia; tetapi kebanyakan manusia tidak
mensyukuri.

* Q.S. 19:49
Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya'qub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi."

* Q.S. 29:27
Dan Kami anugrahkan kepada Ibrahim, Ishak dan Ya'qub, dan Kami jadikan kenabian dan Al Kitab pada keturunannya, dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia; dan sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh."



Al~Qur'an menyebut "garis kenabian" adalah Ibrahim, Ishak dan Ya'qub (Q.S. 12:38 Q.S. 19:49, Q.S. 29:27), pertanyaannya, dimana Ismail ditempatkan? Dimana keturunan Ismail ditempatkan? Mengapa hanya keturunan Ishak (yaitu Ya'qub) yang disebut, adakah anak-anak Ismail disebutkan?

Lihat :

* Kejadian 25:13-16
25:13 Inilah nama anak-anak Ismael, disebutkan menurut urutan lahirnya: Nebayot, anak sulung Ismael, selanjutnya Kedar, Adbeel, Mibsam,
25:14 Misyma, Duma, Masa,
25:15 Hadad, Tema, Yetur, Nafish dan Kedma.
25:16 Itulah anak-anak Ismael, dan itulah nama-nama mereka, menurut kampung mereka dan menurut perkemahan mereka, dua belas orang raja, masing-masing dengan sukunya. 



Yang menjadi 'anak perjanjian adalah' yang lahir dari Istri yang bernama Sara :


* Kejadian 21:12LAI TB, Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak." KJV, And God said unto Abraham, Let it not be grievous in thy sight because of the lad, and because of thy bondwoman; in all that Sarah hath said unto thee, hearken unto her voice; for in Isaac shall thy seed be called.Hebrew, 
וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל־אַבְרָהָם אַל־יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל־הַנַּעַר וְעַל־אֲמָתֶךָ כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה שְׁמַע בְּקֹלָהּ כִּי בְיִצְחָק יִקָּרֵא לְךָ זָרַע׃
Translit, VAYO'MER 'ELOHIM 'EL-'AVRAHAM 'AL-YERA' BE'EYNEYKHA 'AL-HANA'AR VE'AL-'AMATEKHA KOL 'ASYER TO'MAR 'ELEYKHA SARAH SYEMA' BEQOLAH KI VEYITSKHAQ YIQARE' LEKHA ZARA'


Ungkapan "yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak",'KI VEYITSKHAQ YIQARE' LEKHA ZARA' dapat dibandingkan dengan penjelasan rasul Paulus dalam ayat-ayat berikut ini:


* Roma 9:7-8
9:7 dan juga tidak semua yang terhitung keturunan Abraham adalah anak Abraham, tetapi: "Yang berasal dari Ishak yang akan disebut keturunanmu."
9:8 Artinya: bukan anak-anak menurut daging adalah anak-anak Allah, tetapi anak-anak perjanjian yang disebut keturunan yang benar.



Ishak adalah putera Mahkota karena lahir dari Istri Abraham yang sah, Istri pertama/ permaisuri. Maka Ishak-lah yang menerima hak kesulungan (First Born). walaupun Ishak bukan "born first"

Jadi, Kejadian 21:12 lebih menekankan sisi moral dan religius ketimbang keturunan langsung secara fisik.

Terlebih lagi Al~Qur'an menkonfirmasi "garis kenabian" adalah Ibrahim, ISHAK dan Ya'qub (Q.S. 12:38 Q.S. 19:49, Q.S. 29:27)


Blessings,
BP


Artikel terkait :
Menjawab Salah Paham : Siapa Anak Pengorbanan, Ismael atau Ishak?, di siapa-anak-pengorbanan-ismael-atau-ishak-vt694.html#p1611
========================================================================


Tanggapan :

 Kenapa harus ada penyebutan nama ?Keganjilan2 dibawah ini lebih fatal bahkan : 


KEJ 16 : 16
Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya. 
KEJ 17 : 1
Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela. 
KEJ 21 : 5
Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.
KEJ 21 : 8
Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih גָּמַל - (gaw-mal'), lalu Abraham mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu. 
KEJ 21 : 14
Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu שְׁכֶם - (shek-em')Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun
Bersyeba.
KEJ 21 :15  
Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak
KEJ 21 : 16
dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: "Tidak tahan aku melihat anak itu mati." Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring.
KEJ 21 : 19
Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum.

Lihatlah kisah diatas...
Ismael lahir dan Abraham berusia : 86 th
Ishak lahir dan Abraham berusia : 100 th
Dan Ishak bertambah besar kemudian disapih dan itu berarti usia Ishak : 2 th.
Menurut hukum Yahudi, usia seorang anak di golongkan dalam 8 tahapan, yaitu :
1. Yeled   = Usia Bayi
2. Yonek  = Usia Menyusu
3. Olel      = Lebih Tua Lagi Dari Menyusu
4. Gemul  = Usia Disapih
5. Taph    = Usia mulai berjalan
6. Ulem    = Anak-anak
7. Na'ar   = Mulai Tumbuh Remaja
8. Bahar  = Usia Remaja

P0INT 1 :
Ada waktu 16 tahun dari semenjak Ismael lahir sampai Ishak disapih ,dan itu berati Ismael berusia : 16 th jalan, dan itu seperti ini :
 
Justin Bieber, lahir tanggal 1 Maret 1994 di Stratford, Ontario.
Bahkan 2 tahun lagi dia bisa menggunakan AK 47....
Terlebih lagi orang-orang tempoe doeloe sangatlah besar-besar postur tubuhnya.

POINT 2 :
Hagar mengarungi Gurun pasir yang ganas dengan membawa anak sebesar
Justin Bieber(bahkan lebih besar lagi)diatas bahunya(KEJ 21 : 14)...?
POINT 3 :
Dan Ismael dibuang? Kata Ibrani shalak  (shaw-lak) terjemahan bukan dibuang, tapi bisa juga diterjemahkan ; dilempar atau untuk membuang turun dan jauh!
Betapa kasarnya kedua orang ini digambarkan didalam Alkitab, dan Hagar membuang Ismael ? apakah tidak ditinju oleh Ismael yang sudah bangkotan begitu...?
POINT 4 :
Dan alangkah tak wajarnya seorang anak yang sudah cukup Bahar = Usia remaja menangis dengan suara nyaring(bukannya membantu ibunya....malah nangis)  
Kata Ibrani נָשָׂא - (naw-saw') yang berarti mengangkat suaranya. (KEJ 21 : 16)

Kalau digambarkan berarti Ismael kurang lebih menangis seperti ini : 
  
                                                            Bukan seperti ya Gan :
Gambar lucu Anak Lucu Mau Nangis | Foto Lucu | Kartun lucu | Gambar Humor 

POINT 5 :
Ismael disuapin oleh ibunya untuk minum saja...Betapa manjanya Ismael Alkitab ini....

Dari sini saja sudah ketahuan bahwa Alkitab itu sudah diubah oleh manusia, namun tetap saya para pendeta membantah, manusia yang mana ? dan kapan diubahnya ?
Jawabannya adalah ; jika Alkitab tak diubah-ubah, tak mungkin ayat-ayat yang dikemukakan diatas mengandung keganjilan-keganjilan...Dan inilah yang membuat kita jadi tak percaya dengan cerita-cerita selanjutnya, sebab bisa jadi cerita selanjutnyapun sudah diubah...Ini wajar! Karena sebelum kisah Pengorbanan Ishak terdapat kisah yang sangat janggal...Dan kisah janggal ini sekali lagi kita mengatakan bukanlah Tulisan yang diilhamkan Tuhan, tapi buatan manusia..,  

Ismael dan Hagar oleh pengubah Alkitab dibuat menjadi seorang yang bersikap atau bersifat buruk,orang marjinal, dan tidak baik...
Ini juga terjadi kepada kebanyakan orang suci didalam Alkitab yang dijadikannya pemabuk,pezina dll...

POINT 6 :
Dan untuk pernyataan Bp yang ini :
Al~Qur'an menyebut "garis kenabian" adalah Ibrahim, Ishak dan Ya'qub (Q.S. 12:38 Q.S. 19:49, Q.S. 29:27), pertanyaannya, dimana Ismail ditempatkan? 
Terlebih lagi Al~Qur'an menkonfirmasi "garis kenabian" adalah Ibrahim, ISHAK dan Ya'qub (Q.S. 12:38 Q.S. 19:49, Q.S. 29:27)
JAWAB :
Bukankah ayat Alquran yang dia kutip menunjukkan status keNabian Ismail  ?

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu kepada Ibrahim, Isma'il, 'ISHAK', Ya'qub....


Bp said :
Ishak adalah putera Mahkota karena lahir dari Istri Abraham yang sah, Istri pertama/ permaisuri. Maka Ishak-lah yang menerima hak kesulungan (First Born). walaupun Ishak bukan "born first" 
JAWAB :
Betapa lancangnya pendeta Bp ini,  jika Hak kesulungan ada pada Ishak, itu berarti Abraham melanggar Hukum Ul 21 : 16-17. Lihat disini sudah dibahas :
http://henitaaja.blogspot.com/2011/03/bantahan-atas-topik-siapakah-nabi-yang_7084.html?utm_source=BP_recent


POINT 7 :
Kejanggalan lainnya :


12:4 Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lotpun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur  tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.


Sekarang kita buka kitab Antiquitiesnya mr. Josefus yang sering digunakan oleh para Theolog Kristen dalam membenarkan sejarah keKristenannya :
 BOOK 1, CH. 7  ALINEA 1  :


Sekarang Abram, tidak memiliki anak sendiri, mengadopsi Lot, saudaranya anakHaran, dan isteri saudaranya Sarai's, dan dia meninggalkan negeri Kasdim ketika iaberumur tujuh puluh lima tahun, dan pada perintah Allah pergi ke Kanaan,...


Benar mana ? Dari Haran atau dari Ur kasdim...?


Lihat jaraknya :
journey-of-abraham-to-promised-land






Untuk kejanggalan  lainnya saya temukan dari situs ini 

Abraham masih di Beersheba. (Kej 21 : 33) :
Sementara Sara dan Ishak masih di Kiryat-Arba,Hebron.(Kej 23 : 2) :
Akankah Abraham menyembelih Ishak dengan jarak sejauh itu ? 

O iya ! BISA ya...Tapi Abraham jadi Plastikman dulu...He he..


Al Dy
Wassalam.

2 komentar:

  1. Mantabh Pak Al Dy, jawabanmu;//Semoga Allah menambahkan kecerdasan, keimanan, dan ketakwaan kepadamu....amiin;//

    BalasHapus
  2. dan juga kepada kami dan umat manusia lainnya...amiiin;/

    BalasHapus