Minggu, 06 Maret 2011

Tanggapan atas Apologi BP tentang kontradiksi dalam Perjanjian Lama(4)


BP memang pandai beralasan "kesalahan penyalinan naskah", dan bukan hanya BP yang mengatakan ini,

Dr. G.C. Van Niftrik dan Dr. B.J. Bolland dalam buku "Dogmatika Masa Kini" - BPK Jakarta 1967 halaman 298 mengeluarkan statement:

"Kita tidak usah malu-malu, bahwa terdapat berbagai kekhilafan di dalam Alkitab; kekhilafan-kekhilafan tentang angka-angka perhitungan; tahun dan faktaDan tak perlu kita pertanggungjawabkan kekhilafan-kekhilafan itu pada caranya, isi Alkitab telah disampaikan pada kita, sehingga kita dapat berkata: 'Dalam naskah aslinya tentu tidak terdapat kesalahan-kesalahan, tetapi kekhilafan itu barulah terjadi di dalam turunan naskah itu'. Isi Alkitab juga dalam bentuknya yang asli, telah datang kepada kita dengan perantaraan manusia"

ya, para rabi menyalin naskah Tanakh dalam naskah Masoret dan memiliki banyak kekhilafan penyalinan dikarenakan naskah aslinya sudah amat tua, usang, dan rapuh sehingga beberapa perkataan yang spesifik tidak sanggup disalin 100 % sama.. inilah alasan yang selalu dipakai ketika kita menemukan berbagai kontradiksi dan inkonsistensi ayat-ayat dalam Alkitab... padahal dari sanggahan-sanggahan di atas, jelas tidak mungkinterjadi kesalahan penyalinan (karena penulisan ayat yang kontradiktif ini tidak berbeda sehuruf saja),

dan ujung-ujungnya, mereka akan mengatakan bahwa Alkitab memang ditulis manusia yang diinspirasi oleh Roh Kudus (be inspired by Holy Ghost)...

bandingkan sejarah Alkitab dengan Al-Qur'an mulai dari kodifikasi wahyu sampai penyusunan codex, sungguh berbeda 180 derajat.. mungkin kita boleh mengatakan bahwa Alkitab berusia yang lebih tua jauh dari Al-Qur'an, tetapi perhatikan bagaimana para rabbi dan tanna'iym dengan para qurra' menyalin dan menyusun naskah-naskah suci itu... sungguh Al-Qur'an jauh luar biasa ketimbang Alkitab... toh walaupun usia lebih tua, belum tentu lebih khilaf dari yang muda kan?


BP wrote:20 b. Berapakah jumlah keturunan Yakub bani Israel yang datang ke Mesir?


Dalam Kejadian 46:8-15, daftar nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir berjumlah 34 nama, tetapi pada ayat 15 disebutkan: "Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah 33 jiwa." Pakai Tuhan tidak pandai berhitung??



JAWAB :


Kita akurin satu persatu :


* Kejadian 46:8-15
46:8 Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, yakniYakub (1) beserta keturunannya. Anak sulung Yakub ialahRuben (2).
46:9 Anak-anak Ruben (2) ialah Henokh (3)Palu (4)Hezron (5) dan Karmi (6).
46:10 Anak-anak Simeon (7) ialah Yemuel (8)Yamin (9),Ohad (10)Yakhin (11) dan Zohar (12) serta Saul (13), anak seorang perempuan Kanaan.
46:11 Anak-anak Lewi (14) ialah Gerson (15)Kehat (16) danMerari (17).
46:12 Anak-anak Yehuda (18) ialah Er (19)Onan (20),Syela (21)Peres (22) dan Zerah (23); tetapi Er (19+) dan Onan (20+) mati di tanah Kanaan; dan anak-anak Peres (22)ialah Hezron (24) dan Hamul (25).
46:13 Anak-anak Isakhar (26) ialah Tola (27)Pua (28),Ayub (29) dan Simron (30).
46:14 Anak-anak Zebulon (31) ialah Sered (32)Elon (33)dan Yahleel (34).
46:15 Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram anak-anak lelaki serta Dina (35) juga, anaknya yang perempuan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah tiga puluh tiga jiwa.



1. YAKUB
2. RUBEN
3. HENOKH
4. PALU
5. HEZRON
6. KARMI
7. SIMEON
8. YEMUEL
9. YAMIN
10. OHAD
11. YAKHIN
12. ZOHAR
13. SAUL
14. LEWI
15. GERSON
16. KEHAT
17. MERARI
18. YEHUDA
19. ER-- MATI DITANAH KANAAN
20. ONAN-- MATI DITANAH KANAAN
21. SYELA
22. PERES
23. ZERAH
24. HEZRON
25. HAMUL
26. ISAKHAR
27. TOLA
28. PUA
29. AYUB
30. SIMRON
31. ZEBULON
32. SERED
33. ELON
34. YAHLEEL
35. DINA (satu-satunya anak perempuan)


Yakub dan keturunannya dalam ayat diatas = 35 jiwaDIKURANGI ER DAN ONAN YANG MENINGGAL


35-2=33 jiwa laki-laki dan perempuan (Yakub dan keturunannya)


JAWABAN I:

perhatikan awal ayat, ayat 8:

וְאֵלֶּה שְׁמוֹת בְּנֵי-יִשְׂרָאֵל הַבָּאִים מִצְרַיְמָה, יַעֲקֹב וּבָנָיו: בְּכֹר יַעֲקֹב, רְאוּבֵן
we elleh syemot b'ney yisyra'el haba'im mitsrayma ya'aqov uvanay bekhor ya'aqov re'uven

"Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, yakni Yakub beserta keturunannya. Anak sulung Yakub ialah Ruben"

jadi yang dipaparkan adalah jumlah bani Israel (tak peduli hidup atau mati), mungkin akan ada bantahan dari Kristen:

BANTAHAN KRISTEN I wrote:perhatikan juga dong lanjutannya:

"Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, yakni Yakub beserta keturunannya. Anak sulung Yakub ialah Ruben"

Er dan Onan kan sudah mati, MATI DI KANAAN, jadi ga mungkin datang ke Mesir....


JAWABAN II:

perhatikan ayat 15:

אֵלֶּה בְּנֵי לֵאָה, אֲשֶׁר יָלְדָה לְיַעֲקֹב בְּפַדַּן אֲרָם,
'elleh b'ney le'a asyer yaleda le ya'aqov be fadan aram...

"Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram..."

jadi jelas, Er dan Onan tetap masuk hitungan...., dan mungkin akan ada bantahan lagi:

BANTAHAN KRISTEN II wrote:baca jangan sepotong-sepotong, ada lanjutannya:

Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram anak-anak lelaki serta Dina juga, anaknya yang perempuan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah tiga puluh tiga jiwa

yang namanya "jiwa" berarti "hidup"... ibarat sensus penduduk, total warga Indonesia sekian JIWA, berarti yang hidup yang dihitung....


JAWABAN III:

sekarang ibarat lagi, KORBAN TSUNAMI YANG MATI 138.000 JIWA

tapi, okelah, misalnya Er dan Onan tidak masuk hitungan, JUMLAHNYA BUKAN 33 JIWA TAPI 32JIWA!!

ayat 8: Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, yakni Yakub beserta keturunannya. Anak sulung Yakub ialah Ruben.

1. Yakub ---> BUKAN BANI ISRAEL..
2. Ruben
3. Henokh
4. Palu
5. Hezron
6. Karmi
7. Simeon
8. Yemuel
9. Yamin
10. Ohad
11. Yakhin
12. Zohar
13. Saul
14. Lewi
15. Gerson
16. Kehat
17. Merari
18. Yehuda
19. Er ---> mati gara-gara JAHAT di mata Tuhan...
20. Onan ---> mati gara-gara ONANI mikirin Tamar...

21. Syela
22. Peres
23. Zerah
24. Hezron
25. Hamul
26. Isakhar
27. Tola
28. Pua
29. Ayub
30. Simron
31. Zebulon
32. Sered
33. Elon
34. Yahleel
35. Dina

berarti 35 - 3 = 32

1. YAKUB DIJULUKI ISRAEL
2. BANI ARTINYA KETURUNAN ISRAEL
3. JIKA SAYA, ANDHIKA, ANDHIKA DIJULUKI "YESUS", ANAK ANDHIKA ADA 2, ANDI DAN DHIKA, MAKA BANI YESUS ADALAH ANDI DAN DHIKA BUKAN ANDHIKA
4. KARENA YAKUB ADALAH ISRAEL BUKAN BANI ISRAEL, MAKA, HITUNGAN DIMULAI DARI RUBEN SAMPAI DINA
5. OTOMATIS ER DAN ONAN MASUK HITUNGAN SEBAB ER DAN ONAN ADALAH BANI ISRAEL (DIHITUNG ATAU TIDAK SAMA-SAMA MENUNJUKKAN KECACATAN JUMLAH DALAM ALKITAB)


JIKA ER DAN ONAN DIHITUNG PUN, MAKA, JUMLAHNYA TETAP BUKAN 33 TAPI 34 JIWA....

1. Yakub ---> BUKAN BANI ISRAEL..
2. Ruben
3. Henokh
4. Palu
5. Hezron
6. Karmi
7. Simeon
8. Yemuel
9. Yamin
10. Ohad
11. Yakhin
12. Zohar
13. Saul
14. Lewi
15. Gerson
16. Kehat
17. Merari
18. Yehuda
19. Er
20. Onan
21. Syela
22. Peres
23. Zerah
24. Hezron
25. Hamul
26. Isakhar
27. Tola
28. Pua
29. Ayub
30. Simron
31. Zebulon
32. Sered
33. Elon
34. Yahleel
35. Dina

35 - 1 = 34 JIWA

jadi jelaslah kesalahan kali ini bukan kesalahan penyalinan, apakah Tuhan tidak mampu menghitung aljabar sederhana seperti ini??
BP wrote:23. Berapa lama Yoyakhin menjadi raja di Yerusalem ?
a. 3 bulan (II Raja-raja 24:8 )
b. 3 bulan 10 hari (II Tawarikh 36: 9).



JAWAB :


(Kategori : salah memahami isi cerita atau maksud penulis)


Penulis Tawarikh menuliskan lamanya masa pemerintahan Yoyakhin secara lebih spesifik, sedangkan penulis kitab Raja-raja hanya menyebutkan secara garis besar dan membulatkan jumlah bulannya saja, dengan anggapan bahwa tambahan sepuluh hari tidak cukup perlu untuk disebutkan secara khusus.


* 2 Raja-raja 24:8
LAI TB, Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Nehusta binti Elnatan, dari Yerusalem.
KJV, Jehoiachin was eighteen years old when he began to reign, and he reigned in Jerusalem three months. And his mother's name was Nehushta, the daughter of Elnathan of Jerusalem.
Hebrew,
בֶּן־שְׁמֹנֶה עֶשְׂרֵה שָׁנָה יְהֹויָכִין בְּמָלְכֹו וּשְׁלֹשָׁה חֳדָשִׁים מָלַךְ בִּירוּשָׁלִָם וְשֵׁם אִמֹּו נְחֻשְׁתָּא בַת־אֶלְנָתָן מִירוּשָׁלִָם׃
Translit, BEN-SYEMONEH 'ESRÊH SYÂNÂH YEHOYÂKHÏN BEMOLKHO USYELOSYÂH KHODÂSYÏM MÂLAKH BÏRUSYÂLÂIM VESYÊM 'IMO NEKHUSYTÂ' VAT-'ELNÂTÂN MÏRUSYÂLÂIM


* 2 Tawarikh 36:9
LAI TB, Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan sepuluh hari lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN.
KJV, Jehoiachin was eight years old when he began to reign, and he reigned three months and ten days in Jerusalem: and he did that which was evil in the sight of the LORD.
Hebrew,
בֶּן־שְׁמֹונֶה שָׁנִים יְהֹויָכִין בְּמָלְכֹו וּשְׁלֹשָׁה חֳדָשִׁים וַעֲשֶׂרֶת יָמִים מָלַךְ בִּירוּשָׁלִָם וַיַּעַשׂ הָרַע בְּעֵינֵי יְהוָה׃
Translit, BEN-SYEMONEH SYÂNÏM YEHOYÂKHÏN BEMOLKHO USYELOSYÂH KHODÂSYÏM VA'ASERET YÂMÏM MÂLAKH BÏRUSYÂLÂIM VAYA'AS HÂRA' BE'ÊYNÊY YEHOVÂH


Jelas bahwa tiga bulan dalam kitab Raja-raja adalah pembulatan atau penulisan secara genap dari tiga bulan sepuluh hari sebagaimana ditulis dalam Kitab Tawarikh. Dapat diilustrasikan dengan lama penjajahan Belanda di Indonesia, ada yang mengatakan tiga setengah abad dan ada pula yang menulisnya lebih lengkap, tiga abad plus sekian tahun sekian bulan.

Pembulatan ini sering dijumpai dalam kitab Raja-raja, sedangkan Tawarikh lebih cenderung menuliskannya secara rinci bahkan sering pula dibesar-besarkan. Ada yang mengatakan bahwa wanita hamil selama sembilan bulan, ada yang menambahkannya menjadi sembilan bulan sepuluh hari...


perhatikan tulisan yang saya Huge!!

wow! sejak kapan Alkitab memakai istilah "pembulatan" dalam nominal kalkulasi?
ilustrasi penjajahan Belanda tidak bisa dikorelasikan dengan ayat di atas.. kenapa? sebab ayat di atas bersifat naratif bukan deskriptif seperti penjajahan Belanda...

sekalipun memakai istilah "pembulatan", mengapa usia Yoyakhin pada kedua ayat itu tetap menulis 18 tahun?
BP mengatakan bahwa Tawarikh sering menuliskan secara rinci, lantas mengapa Tawarikh menulis usia 18 tahun -tok- segini saja? apakah sudah dipastikan hari dia dilantik sebagai raja tepat 18 tahun??
jika semua waktu dialasankan pembulatan, tidak akan pernah ditemui jawaban pasti!

apalagi dianalogikan "usia kehamilan"...
usia kehamilan adalah sesuatu yang tidak bisa diterka, karena sifatnya yang spekulatif dari sekian banyak fakta ilmu ginekologi, maka dibulatkan 9 bulan...
apakah analogi ini cocok dengan usia jabatan seorang raja yang bersifat historical dan fakta sejarah?
orang yang berakal dan menggunakan akalnya akan menjawab: TIDAK!
BP wrote:24 a. Berapa anak Yesua dan Yoab yang pulang kembali ke Yerusalem dan Yehuda dari pembuangan Nebukadnezar ?
a. 2.812 orang (Ezra 2:6).
b. 2.818 orang (Nehemia 7:11).



JAWAB : 

bla bla bla

Daftar yang sama dalam Ezra 2:1-167 dengan beberapa perbedaan -- bukan pertentangan -- mengenai nama-nama dan bilangan-bilangan, terdapat dalam Nehemia 7:6-73 dan 1 Esdras 5:4-46. Tidak gampang menerangkan perbedaan-perbedaan itu. A. Weiser dalam bukunya 'Introduction to the Old Testament, 1961, halaman 322) menerangkan mengenai terdapatnya daftar yang sama sampai dua kali, dan bahwa daftar itu sudah terdapat dalam kedua sumber yang digunakan oleh penulis, biarpun dia mengamati bahwa hubungan kesusastraan lebih bebas dalam Nehemia. Orang-orang lain menyarankan bahwa penulis-penulis yang kemudian kurang teliti dalam menyalin kitab-kitab Ketubim, bagian ketiga dari Alkitab Ibrani. Sehubungan dengan ini ada kemungkinan, bahwa daftar mereka yang kembali pada tahun 538 sebelum Masehi diubah dan diperluas mencakupi orang-orang yang kembali kemudian, bahkan juga beberapa orang kendati mereka tidak pernah dibuang, benar-benar bersimpati dengan orang-orang buangan yang kembali itu.

Hal ini menyangkut masalah sensus, daftar pertama dibuat di Babilonia, sebagian mungkin meninggal dalam perjalanan sehingga membuat jumlah mereka berkurang, dan sebagian lagi mungkin menyusul dan bergabung kemudian sehingga membuat jumlah mereka bertambah. Ezra menghitung jumlah mereka yang keluar dari pembuangan menurut kelompok sedangkan Nehemia sebaliknya. Daftar yang digunakan oleh Nehemia barangkali disimpan dalam arsip Bait Allah (Nehemia 7:5), bahwa Nehemia bertindak menambah atau mengurangi jumlah penduduk dapat dibandingkan Nehemia 11:1 dan seterusnya kemudian hubungannya dengan 1 Tawarikh 9:2-17.


perhatikan tulisan yang di bold merahdi atas, jawabannya tidak lain adalah"kemungkinan"...

sebenarnya sih tidak masalah menggunakan kemungkinan karena masalah sensus dan pengelolaannya memang tidaklah mudah, memang tidaklah mudah sekalipun saat ini memakai metode basic statistik dengan software SPSS, tetapi metode pengumpulan data lewat pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif sudah ada sejak dahulu (seperti mengumpulkan data mentah lewat perumusan masalah, hipotesis, dan analisis konstanta dan variabel x dan y),
http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika

dan setiap panitia sensus akan dikoordinir oleh seorang koordinator yang sanggup memanage setiap data yang terkumpul... kemudian jika terjadi perbedaan yang tipis, bisa dimaklumi jika didokumentasikan dalam sebuah kelompok penyajian data hasil... tetapi lain halnya jika didokumentasikan dalam Kitab Suci...

seperti tertulis oleh BP di atas, penulis Kitab Nehemia dan Kitab Ezra mengambil dari 2 sumber berbeda, tentu saja ini bukan hanya kontradiktif literatur melainkan kontradiktif perspektif... jika kedua orang ini mengambil sumber yang berbeda, apakah masih dikatakan sebagai orang yang diinspirasikan Roh Kudus?

jika mengambil argumentasi kedua, yaitu kesalahan penyalinan Ketuvim (karena kurang teliti), tentu ini sudah bukan barang lama seperti dijelaskan pada post-post sebelumnya... para ahlul kitab memang tidak meneliti setiap naskah yang sudah disalin padahal mereka adalah kesatuan dari beberapa ahlul kitab... saya yakin para ahlul kitab sudah profesional dalam hal menyusun naskah suci dan kesalahan penyalinan biasanya terjadi jika perbedaannya hanya kurang 1 - 2 huruf atau 1 - 3 harakat saja (kurang lebih, boleh dong di sini pembulatan :mrgreen: )...

tetapi sedari tadi post-post sebelumnya tidak ada perbedaan yang berkisar seperti itu, semuanya lebih dari 2 huruf... perhatikan:

וּשְׁנֵים עָשָׂר = uwsyeneym 'asyar (dua belas)
שְׁ = sye (huruf syin dengan harakat syin dot dan syeva)
נֵ = ne (huruf nun dengan harakat tserey)
י = y (huruf yod)
ם = m (huruf mem pesyuta)


שְׁמֹנָה עָשָׂר = syemonah 'asyar (delapan belas)
שְׁ = sye (huruf syin dengan harakat syin dot dan syewa) - BP beralasan kemungkinan kesalahan penyalinan karena huruf depannya sama :lol:
מֹ = mo (huruf mem dengan harakat holam)
נָ = na (huruf nun dengan harakat qamats)
ה = h (huruf he)


hadirin pembaca! silahkan menilai, mungkinkah perbedaan yang fatal ini terjadi karena kesalahan penyalinan?, bagaimana jika sang penulis Kitab A memaparkan sesuai perspektifnya, dan sang penulis Kitab B memaparkan sesuai perspektifnya? lebih mendekati mana?

kesalahan penyalinan atau paparan perspektif?
BP wrote:24 b. Berapa jumlah orang yang tercatat dalam Ezra pasal 2?
Kitab Ezra menulis jumlah total 42.360 orang, tapi kalau jumlah kelompok dijumlahkan totalnya hanya 29.818


Makin banyak saja kesalahan PL yang ditemukan sendiri oleh penganutnya:
Sebagai contoh .....

Kitab Ezra
2:1. Inilah orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, yakni para tawanan, yang dahulu diangkut ke Babel oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya.
2:2 Mereka datang bersama-sama Zerubabel, Yesua, Nehemia, Seraya, Reelaya, Mordekhai, Bilsan, Mispar, Bigwai, Rehum dan Baana. Inilah daftar orang-orang bangsa Israel:
2:3 bani Paros: dua ribu seratus tujuh puluh dua orang; 2172
2:4 bani Sefaca: tiga ratus tujuh puluh dua orang; 372
2:5 bani Arah: tujuh ratus tujuh puluh lima orang; 775
2:6 bani Pahat-Moab, yakni anak-anak Yesua dan Yoab: dua ribu delapan ratus dua belas orang; 2812
2:7 bani Elam: seribu dua ratus lima puluh empat orang; 1254
2:8 bani Zatu: sembilan ratus empat puluh lima orang; 945
2:9 bani Zakai: tujuh ratus enam puluh orang; 760
2:10 bani Bani: enam ratus empat puluh dua orang; 642
2:11 bani Bebai: enam ratus dua puluh tiga orang; 623
2:12 bani Azgad: seribu dua ratus dua puluh dua orang; 1222
2:13 bani Adonikam: enam ratus enam puluh enam orang; 666
2:14 bani Bigwai: dua ribu lima puluh enam orang; 2056
2:15 bani Adin: empat ratus lima puluh empat orang; 454
2:16 bani Ater, yakni bani Hizkia: sembilan puluh delapan orang; 98
2:17 bani Bezai: tiga ratus dua puluh tiga orang; 323
2:18 bani Yora: seratus dua belas orang; 112
2:19 bani Hasum: dua ratus dua puluh tiga orang; 223
2:20 bani Gibar: sembilan puluh lima orang; 95
2:21 dari Betlehem: seratus dua puluh tiga orang; 123
2:22 orang-orang Netofa: lima puluh enam orang; 56
2:23 orang-orang Anatot: seratus dua puluh delapan orang; 128
2:24 dari Asmawet: empat puluh dua orang; 42
2:25 dari Kiryat-Arim, Kefira dan Beerot: tujuh ratus empat puluh tiga orang; 743
2:26 dari Rama dan Gaba: enam ratus dua puluh satu orang; 621
2:27 orang-orang Mikhmas: seratus dua puluh dua orang; 122
2:28 orang-orang Betel dan Ai: dua ratus dua puluh tiga orang; 123
2:29 dari Nebo: lima puluh dua orang; 52
2:30 bani Magbis: seratus lima puluh enam orang; 156
2:31 bani Elam, yakni Elam yang lain: seribu dua ratus lima puluh empat orang; 1254
2:32 bani Harim: tiga ratus dua puluh orang; 320
2:33 orang-orang dari Lod, Hadid dan Ono: tujuh ratus dua puluh lima orang; 725
2:34 dari Yerikho: tiga ratus empat puluh lima orang; 345
2:35 bani Senaa: tiga ribu enam ratus tiga puluh orang. 630

2:36. Inilah para imam: bani Yedaya, yakni kaum keluarga Yesua: sembilan ratus tujuh puluh tiga orang; 973
2:37 bani Imer: seribu lima puluh dua orang; 1053
2:38 bani Pasyhur: seribu dua ratus empat puluh tujuh orang; 1247
2:39 bani Harim: seribu tujuh belas orang. 1017
2:40 Inilah orang-orang Lewi: bani Yesua dan Kadmiel, yakni bani Hodawya: tujuh puluh empat orang. 74
2:41 Inilah para penyanyi: bani Asaf: seratus dua puluh delapan orang. 28
2:42 Inilah kaum penunggu pintu gerbang: bani Salum, bani Ater, bani Talmon, bani Akub, bani Hatita, bani Sobai, semuanya seratus tiga puluh sembilan orang. 139
2:43 Inilah para budak di bait Allah: bani Ziha, bani Hasufa, bani Tabaot;
2:44 bani Keros, bani Siaha, bani Padon;
2:45 bani Lebana, bani Hagaba, bani Akub;
2:46 bani Hagab, bani Samlai, bani Hanan;
2:47 bani Gidel, bani Gahar, bani Reaya;
2:48 bani Rezin, bani Nekoda, bani Gazam;
2:49 bani Uza, bani Paseah, bani Besai;
2:50 bani Asna, bani Meunim, bani Nefusim;
2:51 bani Bakbuk, bani Hakufa, bani Harhur;
2:52 bani Bazlut, bani Mehida, bani Harsa;
2:53 bani Barkos, bani Sisera, bani Temah;
2:54 bani Neziah, bani Hatifa.
2:55 Inilah keturunan para hamba Salomo: bani Sotai, bani Soferet, bani Peruda;
2:56 bani Yaala, bani Darkon, bani Gidel;
2:57 bani Sefaca, bani Hatil, bani Pokheret-Hazebaim, bani Ami.
2:58 Seluruh budak di bait Allah dan keturunan para hamba Salomo ada tiga ratus sembilan puluh dua orang. 392
2:59 Inilah orang-orang yang berangkat pulang dari Tel-Melah, Tel-Harsa, Kerub, Adan dan Imer, tetapi mereka tidak dapat menyatakan apakah kaum keluarga dan asal usul mereka termasuk bangsa Israel:
2:60 bani Delaya, bani Tobia, bani Nekoda, enam ratus lima puluh dua orang; 652
2:61 dan dari antara kaum imam: bani Habaya, bani Hakos, bani Barzilai. Barzilai itu memperisteri seorang anak perempuan Barzilai, orang Gilead itu, dan sejak itu ia dinamai menurut nama keluarga itu.
2:62 Mereka itu menyelidiki apakah nama mereka tercatat dalam silsilah, tetapi karena itu tidak didapati, maka mereka dinyatakan tidak tahir untuk jabatan imam.
2:63 Dan tentang mereka diputuskan oleh kepala daerah, bahwa mereka tidak boleh makan dari persembahan maha kudus, sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang Urim dan Tumim.

2:64. Seluruh jemaah itu bersama-sama ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang, 42360


Jumlah total 42.360 orang tapi kalau jumlah kelompok dijumlahkan totalnya menjadi 29.818, suatu kesalahan yang fatal.
Kesalahan ini ditemukan oleh Mantan Rabbi Baruch Spinoza yang juga menemukan banyak kesalahan PL., karena itu tindakan beliau keluar dari agama Yahudi tidak dapat disalahkan.



JAWAB :


Ayat 64 menyatakan jumlah 42.360 orang (Hal ini sama dengan Nehemia 7:66), ini tidak sama dengan jumlah angka-angka yang disebutkan pada ayat-ayat sebelumnya. Di dalam menyalin angka-angka yang terdapat dalam Perjanjian Lama, kadang-kadang terjadi ’kesalahan penyalinan’kalau kita teliti pada ayat-ayat diatas, ada banyak kelompok-kelompok yang tidak ditulis jumlahnya satu-per-satu, jika saja ditulis secara lengkap, maka jumlahnya bisa mencapai 42.360 orang.

Maka kesalahan penyalinan akibat penyalinan yang berulang-ulang mulai dari Naskah Aslinya dulu kepada naskah salinan-salinan, hingga sekarang, hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan tersebut.


perhatikan tulisan yang saya Huge dan underline!!

jika saja ditulis secara lengkap, maka jumlahnya bisa mencapai 42.360 orang ===>>> hal itu dikarenakan keimanan buta BP terhadap Alkitab, kenapa tidak kritis sedikit, jika saja ditulis secara lengkap, maka jumlahnya bisa mencapai LEBIH DARI / KURANG DARI 42.360 orang... mengingat BP sendiri yang menulis bahwa sensus tidaklah mudah, maka amat tidak bisa dipastikan jumlahnya 42.360 orang... kenapa tidak membuktikan secara empiris apa yang tertulis jika memang sensus itu tidaklah mudah dan kesalahan penyalinan? kalkulasi sederhana di atas memang sudah diuji hasilnya adalah 29.818 orang... :hypnotize: :hypnotize:

dengan kata lain, jawaban bung BP ini benar-benar pembenaran!
bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar