ANAK DOMBA ALLAH
Ungkapan "Anak Domba Allah" muncul dua kali dalam Perjanjian Baru (Yohanes 1:29, 36):
* Yohanes 1:29 1:29 LAI TB, Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.KJV, The next day John seeth Jesus coming unto him, and saith, Behold the Lamb of God, which taketh away the sin of the world. TR, τη επαυριον βλεπει ο ιωαννης τον ιησουν ερχομενον προς αυτον και λεγει ιδε ο αμνος του θεου ο αιρων την αμαρτιαν του κοσμουTranslit interlinear, tê epaurion {pada hari yang berikut} blepei {ia melihat} iôannês {Yohanes} ton iêsoun {Yesus} erkhomenon {datang} pros {kepada} auton {dia} kai {dan} legei {berkata} ide {inilah} ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah} ho airôn {yang menanggung/ menyingkirkan} tên hamartian {dosa} tou kosmou {dunia}
1:36 LAI TB, Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"KJV, And looking upon Jesus as he walked, he saith, Behold the Lamb of God!TR, και εμβλεψας τω ιησου περιπατουντι λεγει ιδε ο αμνος του θεουTranslit interlinear, kai {lalu} emblepsas {ketika melihat} tô iêsou {Yesus} peripatounti {yang sedang berjalan} legei {ia berkata} ide {inilah} ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah}
Istilah αμνος - amnos muncul dalam Kisah 8:32 dan I Petrus 1:19; αρην – arên dalam Lukas 10:3, dan αρνιον - arnion muncul satu kali, Yohanes 21:15, dan 28 kali dalam Wahyu.
Yohanes Pembabtis berseru ketika melihat Yesus datang kepadanya "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia" (Yohanes 1:29). Pendapat lain tentang gelar "Anak Domba Allah" mengatakan bahwa di sini ada acuan pada hamba yang menderita sesuai Yesaya pasal 53. Kata αμνος - amnosmuncul dalam Septuaginta pada
*Yesaya 53:7. LAI TB, Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya. KJV, He was oppressed, and he was afflicted, yet he opened not his mouth: he is brought as a lamb to the slaughter, and as a sheep before her shearers is dumb, so he openeth not his mouth. Hebrew,
נִגַּשׂ וְהוּא נַעֲנֶה וְלֹא יִפְתַּח־פִּיו כַּשֶּׂה לַטֶּבַח יוּבָל וּכְרָחֵל לִפְנֵי גֹזְזֶיהָ נֶאֱלָמָה וְלֹא יִפְתַּח פִּיו׃ Translit, NIGAS VEHU' NA'ANEH VELO YIFTAKH-PIV KASEH LATEVAKH YUVAL UKHERAKHEL LIFNEY GOZ'ZEIHA NE'ELAMAH VELO YIFTAKH PIVLXX, και αυτος δια το κεκακωσθαι ουκ ανοιγει το στομα ως προβατον επι σφαγην ηχθη και ως αμνος εναντιον του κειροντος αυτον αφωνος ουτως ουκ ανοιγει το στομα αυτουTranslit, KAI AUTOS DIA TO KEKAKÔSTAI OUK ANOIGEI TO ONOMA HÔS PROBATON EPI SPHAGÊN HÊKHTHE KAI HÔS AMNOSENANTION TOU KEIRONTOS AUTON APHÔNOS HOUTÔS OUK ANOIGEI TO STOMA AUTOU.
Yohanes Pembaptis merujuk kepada Kitab Yesaya 40 dan ia mungkin telah merenungkan pasal-pasal itu. Fungsi memikul dosa amat jelas dalam Yesaya 53. Kelihatannya mungkin bahwa apa pun maksud Yohanes Pembaptis, penulis Injil bermaksud mengajak pembaca Injil-nya untuk memikirkan anak domba yang dikorbankan di Bait Allah, anak domba Paskah, dan hamba yang menderita itu. 'Anak Domba Allah' juga mengingatkan kita bahwa Allah menyediakan anak domba bagi Abraham Kejadian 22:8, 13-14, lihat keselamatan-dari-allah-vt214.html#p421 ).
Kita juga dengan jelas dapat melihat hubungannya dengan domba Paskah. Hari-hari raya Yahudi mempunyai arti penting dalam Injil Yohanes. Ungkapan dalam Yohenas 19:36 secara tidak langsung dapat dihubungkan dengan anak domba Paskah. "Domba paskah" yang darahnya tercurah adalah kisah sentral dalam Kitab keluaran adalah peristiwa Paskah. Sehingga perayaan Paskah adalah peristiwa yang paling bersejarah, menyentuh dan heroik bagi setiap orang Yahudi, yang dijadikan legenda untuk dikisahkan kepada anak-cucu Yahudi turun-temurun. Lebih dari itu Paskah wajib dirayakan setiap tahunnya, dengan segala tata cara perjamuan yang dibakukan. Seperti diketahui, kisah Paskah mulai dengan tulah yang ke-10, dimana Tuhan mendatangkan malapetaka terbesar dengan mengirimkan malaikat kematian untuk mencabut nyawa anak-sulung dari setiap keluarga yang pintu rumahnya tidak diperciki darah domba!
Allah berkata : "Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat". Itu dalah vonis kematian yang dilewatkan Tuhan (luput) bagi rumah yang bertandadarah kurban (Keluaran 12:13). Kisah lengkapnya, silahkan baca di Kitab Keluaran pasal 11 dan 12.
Dan Alkitab menjelaskan kepada kita bahwa "semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang" (Kolose 2:17), yaitu janji penebusan malalui darah Yesus Kristus.

Seruan "Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia" (Yohanes 1:29) diserukan oleh Yohanes Pembaptis saat menyambut Yesus dengan sukacita. Hal tersebut terkait dengan "anak domba yang dikorbankan karena dosa", dan ungkapan 'yang menghapus dosa dunia' mendukung hal ini. Dalam Perjanjian Lama Allah menetapkan suatu hukum bahwa pengampunan adalah dengan darah :
* Ibrani 9:22, LAI TB, Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.KJV, And almost all things are by the law purged with blood; and without shedding of blood is no remission. TR, και σχεδον εν αιματι παντα καθαριζεται κατα τον νομον και χωρις αιματεκχυσιας ου γινεται αφεσιςTranslit, kai skhedon en haimati panta katharizetai kata ton nomon kai khôris haimatekkhusias ou ginetai aphesis
Dalam hukum Taurat, hampir segala sesuatu disucikan, dan diampunkan dengan darah (yang dianggap nyawa), dan "tanpa penumpahan darah, tidak ada pengampunan" (Ibrani 9:22). Ini dilakukan lewat domba yang dikorbankan diatas mezbah, berulang-ulang untuk setiap kali pengampunan hingga digenapi oleh Mesias yang digelari "Anak Domba Allah". Kita "manusia mati yang berjalan" ini tidak mungkin bisa menebus diri kita yang mati (rohani). Hanya Yesus yang tanpa-dosa dapat melakukannya, yaitu dengan sengaja memilih diriNya dilahirkan ke dunia (dan tinggal di tengah-tengah manusia) untuk menemui kematian lewat penyaliban demi dapat menebus harga kematian kekal itu bagi kita.
Dalam Alkitab Dialah Mesias yang dilambangkan sebagai Anak Domba yang tak bernoda yang menjadi korban penebusan dosa
* 1 Petrus 1:18,191:18 LAI TB, Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,KJV, Forasmuch as ye know that ye were not redeemed with corruptible things, as silver and gold, from your vain conversation received by tradition from your fathers;TR, ειδοτες οτι ου φθαρτοις αργυριω η χρυσιω ελυτρωθητε εκ της ματαιας υμων αναστροφης πατροπαραδοτουTranslit, eidotes hoti ou phthartois arguriô hê khrusiô elutrôthête ek tês mataias humôn anastrophês patroparadotou
1:19 LAI TB, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. KJV, But with the precious blood of Christ, as of a lamb without blemish and without spot:TR, αλλα τιμιω αιματι ως αμνου αμωμου και ασπιλου χριστουTranslit, alla timiô haimati hôs amnou amômou kai aspilou khristou
Dengan demikian kita dapat jelas memaknakan gelar "Anak Domba Allah" sebagai suatu gelar yang khas menggambarkan misi kedatangan Kristus ke dunia adalah untuk mengorbankan dirinya, menderita dan darahnya tertumpah bagi pengampunan dosa umat manusia di dunia.
Pengampunan dapat diterima oleh orang-orang yang menerima dan mengimani pengorbanannya tanpa kecuali :
* Yohanes 3:16 LAI TB, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
KJV, For God so loved the world, that he gave his only begotten Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.
TR, ουτως γαρ ηγαπησεν ο θεος τον κοσμον ωστε τον υιον αυτου τον μονογενη εδωκεν ινα πας ο πιστευων εις αυτον μη αποληται αλλ εχη ζωην αιωνιον
Translit Interlinear, houtôs {demikian} gar {karena} êgapêsen {mengasihi} ho theos {Allah} ton kosmon {manusia di dunia} hôste {sehingga} ton huion{anak} autou ton monogenê {yang tunggal/ yang unik} edôken {Ia telah memberikan} hina {supaya} pas {setiap (orang yang)} ho pisteuôn {percaya} eis {kepada} auton {Dia} mê {tidak} apolêtai {menjadi binasa} all {melainkan} ekhê {beroleh} zôên {hidup} aiônion {kekal}
Amin.
Blessings,
BP
March 11, 2009
Kepustakaan :
WF Arndt, TWNT; Tafsir-tafsir utama mengenai Injil Yohanes;
C.H Dodd, The Interpretation of the Fourth Gospel, 1953, hlm 230-238;
L Morris, The Apostolie Preaching of the Cross', 1965, hlm 129 dst.
=================================================================
BANTAHAN(nanti)
Ungkapan "Anak Domba Allah" muncul dua kali dalam Perjanjian Baru (Yohanes 1:29, 36):
* Yohanes 1:29 1:29 LAI TB, Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.KJV, The next day John seeth Jesus coming unto him, and saith, Behold the Lamb of God, which taketh away the sin of the world. TR, τη επαυριον βλεπει ο ιωαννης τον ιησουν ερχομενον προς αυτον και λεγει ιδε ο αμνος του θεου ο αιρων την αμαρτιαν του κοσμουTranslit interlinear, tê epaurion {pada hari yang berikut} blepei {ia melihat} iôannês {Yohanes} ton iêsoun {Yesus} erkhomenon {datang} pros {kepada} auton {dia} kai {dan} legei {berkata} ide {inilah} ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah} ho airôn {yang menanggung/ menyingkirkan} tên hamartian {dosa} tou kosmou {dunia}
1:36 LAI TB, Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"KJV, And looking upon Jesus as he walked, he saith, Behold the Lamb of God!TR, και εμβλεψας τω ιησου περιπατουντι λεγει ιδε ο αμνος του θεουTranslit interlinear, kai {lalu} emblepsas {ketika melihat} tô iêsou {Yesus} peripatounti {yang sedang berjalan} legei {ia berkata} ide {inilah} ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah}
Istilah αμνος - amnos muncul dalam Kisah 8:32 dan I Petrus 1:19; αρην – arên dalam Lukas 10:3, dan αρνιον - arnion muncul satu kali, Yohanes 21:15, dan 28 kali dalam Wahyu.
Yohanes Pembabtis berseru ketika melihat Yesus datang kepadanya "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia" (Yohanes 1:29). Pendapat lain tentang gelar "Anak Domba Allah" mengatakan bahwa di sini ada acuan pada hamba yang menderita sesuai Yesaya pasal 53. Kata αμνος - amnosmuncul dalam Septuaginta pada
*Yesaya 53:7. LAI TB, Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya. KJV, He was oppressed, and he was afflicted, yet he opened not his mouth: he is brought as a lamb to the slaughter, and as a sheep before her shearers is dumb, so he openeth not his mouth. Hebrew,
נִגַּשׂ וְהוּא נַעֲנֶה וְלֹא יִפְתַּח־פִּיו כַּשֶּׂה לַטֶּבַח יוּבָל וּכְרָחֵל לִפְנֵי גֹזְזֶיהָ נֶאֱלָמָה וְלֹא יִפְתַּח פִּיו׃ Translit, NIGAS VEHU' NA'ANEH VELO YIFTAKH-PIV KASEH LATEVAKH YUVAL UKHERAKHEL LIFNEY GOZ'ZEIHA NE'ELAMAH VELO YIFTAKH PIVLXX, και αυτος δια το κεκακωσθαι ουκ ανοιγει το στομα ως προβατον επι σφαγην ηχθη και ως αμνος εναντιον του κειροντος αυτον αφωνος ουτως ουκ ανοιγει το στομα αυτουTranslit, KAI AUTOS DIA TO KEKAKÔSTAI OUK ANOIGEI TO ONOMA HÔS PROBATON EPI SPHAGÊN HÊKHTHE KAI HÔS AMNOSENANTION TOU KEIRONTOS AUTON APHÔNOS HOUTÔS OUK ANOIGEI TO STOMA AUTOU.
Yohanes Pembaptis merujuk kepada Kitab Yesaya 40 dan ia mungkin telah merenungkan pasal-pasal itu. Fungsi memikul dosa amat jelas dalam Yesaya 53. Kelihatannya mungkin bahwa apa pun maksud Yohanes Pembaptis, penulis Injil bermaksud mengajak pembaca Injil-nya untuk memikirkan anak domba yang dikorbankan di Bait Allah, anak domba Paskah, dan hamba yang menderita itu. 'Anak Domba Allah' juga mengingatkan kita bahwa Allah menyediakan anak domba bagi Abraham Kejadian 22:8, 13-14, lihat keselamatan-dari-allah-vt214.html#p421 ).
Kita juga dengan jelas dapat melihat hubungannya dengan domba Paskah. Hari-hari raya Yahudi mempunyai arti penting dalam Injil Yohanes. Ungkapan dalam Yohenas 19:36 secara tidak langsung dapat dihubungkan dengan anak domba Paskah. "Domba paskah" yang darahnya tercurah adalah kisah sentral dalam Kitab keluaran adalah peristiwa Paskah. Sehingga perayaan Paskah adalah peristiwa yang paling bersejarah, menyentuh dan heroik bagi setiap orang Yahudi, yang dijadikan legenda untuk dikisahkan kepada anak-cucu Yahudi turun-temurun. Lebih dari itu Paskah wajib dirayakan setiap tahunnya, dengan segala tata cara perjamuan yang dibakukan. Seperti diketahui, kisah Paskah mulai dengan tulah yang ke-10, dimana Tuhan mendatangkan malapetaka terbesar dengan mengirimkan malaikat kematian untuk mencabut nyawa anak-sulung dari setiap keluarga yang pintu rumahnya tidak diperciki darah domba!
Allah berkata : "Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat". Itu dalah vonis kematian yang dilewatkan Tuhan (luput) bagi rumah yang bertandadarah kurban (Keluaran 12:13). Kisah lengkapnya, silahkan baca di Kitab Keluaran pasal 11 dan 12.
Dan Alkitab menjelaskan kepada kita bahwa "semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang" (Kolose 2:17), yaitu janji penebusan malalui darah Yesus Kristus.


Seruan "Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia" (Yohanes 1:29) diserukan oleh Yohanes Pembaptis saat menyambut Yesus dengan sukacita. Hal tersebut terkait dengan "anak domba yang dikorbankan karena dosa", dan ungkapan 'yang menghapus dosa dunia' mendukung hal ini. Dalam Perjanjian Lama Allah menetapkan suatu hukum bahwa pengampunan adalah dengan darah :
* Ibrani 9:22, LAI TB, Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.KJV, And almost all things are by the law purged with blood; and without shedding of blood is no remission. TR, και σχεδον εν αιματι παντα καθαριζεται κατα τον νομον και χωρις αιματεκχυσιας ου γινεται αφεσιςTranslit, kai skhedon en haimati panta katharizetai kata ton nomon kai khôris haimatekkhusias ou ginetai aphesis
Dalam hukum Taurat, hampir segala sesuatu disucikan, dan diampunkan dengan darah (yang dianggap nyawa), dan "tanpa penumpahan darah, tidak ada pengampunan" (Ibrani 9:22). Ini dilakukan lewat domba yang dikorbankan diatas mezbah, berulang-ulang untuk setiap kali pengampunan hingga digenapi oleh Mesias yang digelari "Anak Domba Allah". Kita "manusia mati yang berjalan" ini tidak mungkin bisa menebus diri kita yang mati (rohani). Hanya Yesus yang tanpa-dosa dapat melakukannya, yaitu dengan sengaja memilih diriNya dilahirkan ke dunia (dan tinggal di tengah-tengah manusia) untuk menemui kematian lewat penyaliban demi dapat menebus harga kematian kekal itu bagi kita.
Dalam Alkitab Dialah Mesias yang dilambangkan sebagai Anak Domba yang tak bernoda yang menjadi korban penebusan dosa
* 1 Petrus 1:18,191:18 LAI TB, Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,KJV, Forasmuch as ye know that ye were not redeemed with corruptible things, as silver and gold, from your vain conversation received by tradition from your fathers;TR, ειδοτες οτι ου φθαρτοις αργυριω η χρυσιω ελυτρωθητε εκ της ματαιας υμων αναστροφης πατροπαραδοτουTranslit, eidotes hoti ou phthartois arguriô hê khrusiô elutrôthête ek tês mataias humôn anastrophês patroparadotou
1:19 LAI TB, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. KJV, But with the precious blood of Christ, as of a lamb without blemish and without spot:TR, αλλα τιμιω αιματι ως αμνου αμωμου και ασπιλου χριστουTranslit, alla timiô haimati hôs amnou amômou kai aspilou khristou
Dengan demikian kita dapat jelas memaknakan gelar "Anak Domba Allah" sebagai suatu gelar yang khas menggambarkan misi kedatangan Kristus ke dunia adalah untuk mengorbankan dirinya, menderita dan darahnya tertumpah bagi pengampunan dosa umat manusia di dunia.
Pengampunan dapat diterima oleh orang-orang yang menerima dan mengimani pengorbanannya tanpa kecuali :
* Yohanes 3:16 LAI TB, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
KJV, For God so loved the world, that he gave his only begotten Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.
TR, ουτως γαρ ηγαπησεν ο θεος τον κοσμον ωστε τον υιον αυτου τον μονογενη εδωκεν ινα πας ο πιστευων εις αυτον μη αποληται αλλ εχη ζωην αιωνιον
Translit Interlinear, houtôs {demikian} gar {karena} êgapêsen {mengasihi} ho theos {Allah} ton kosmon {manusia di dunia} hôste {sehingga} ton huion{anak} autou ton monogenê {yang tunggal/ yang unik} edôken {Ia telah memberikan} hina {supaya} pas {setiap (orang yang)} ho pisteuôn {percaya} eis {kepada} auton {Dia} mê {tidak} apolêtai {menjadi binasa} all {melainkan} ekhê {beroleh} zôên {hidup} aiônion {kekal}
Amin.
Blessings,
BP
March 11, 2009
Kepustakaan :
WF Arndt, TWNT; Tafsir-tafsir utama mengenai Injil Yohanes;
C.H Dodd, The Interpretation of the Fourth Gospel, 1953, hlm 230-238;
L Morris, The Apostolie Preaching of the Cross', 1965, hlm 129 dst.
=================================================================
BANTAHAN(nanti)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar