SYILOH - SHILOH - SILO
I. שילה - SYILOH, NAMA TEMPAT
* Hakim 21:19LAI TB, Lalu kata mereka pula: "Setiap tahun ada perayaan bagi TUHAN di Silo yang letaknya di sebelah utara Betel, di sebelah timur jalan raya yang menuju dari Betel ke Sikhem dan di sebelah selatan Lebona."KJV, Then they said, Behold, there is a feast of the LORD in Shiloh yearly in a place which is on the north side of Bethel, on the east side of the highway that goeth up from Bethel to Shechem, and on the south of Lebonah.Hebrew,
וַיֹּאמְרוּ הִנֵּה חַג־יְהוָה בְּשִׁלֹו מִיָּמִים ׀ יָמִימָה אֲשֶׁר מִצְּפֹונָה לְבֵית־אֵל מִזְרְחָה הַשֶּׁמֶשׁ לִמְסִלָּה הָעֹלָה מִבֵּית־אֵל שְׁכֶמָה וּמִנֶּגֶב לִלְבֹונָה׃Translit, VAYOMRU HINEH KHAG-YEHOVAH BESYILO MIYAMIM YAMIMA 'ASYER MITSFONA LEVEIT-'EL MIZREKHA
שילה - SYILOH, atau SILO (LAI TB), menurut Hakim 21:19, berada 'di sebelah utara Betel, di sebelah timur jalan raya yg menuju dari Betel ke Sikhem dan di sebelah selatan Lebona'. Keterangan ini menjabarkan Silo sama dengan desa modem Seilun, suatu tumpukan puing di atas sebuah bukit ± 14 km sebelah utara Betel (Beitin) dan 5 km sebelah tenggara el-Lubban. Tempat ini digali tim penggali Denmark pada thn 1926-1929 dan 1932, dan hasilnya mengisyaratkan bahwa שילה - SYILOH sudah dihuni pada Zaman Tembaga Tengah (2100-1600 sM), demikian terus hingga dimusnahkan kr thn 1050 sM, dan dibiarkan sunyi selama berabad-abad sampai ditempati kembali pada zaman Helenisme.
Di שילה - SYILOH dipasang Kemah Pertemuan pada awal penaklukan tanah Kanaan (Yosua 18:1), dan itulah tempat kudus utama bagi orang Israel selama zaman Hakim-hakim (Hakim 18:31). Itulah tempat tetap untuk merayakan pesta tari-tarian tahunan di kebun-kebun anggur, barangkali pada Hari Raya Menuai (Keluaran 23:16). Suatu kali pada perayaan seperti itu para pemuda Benyamin menangkap gadis-gadis suku lain untuk menjadi istri mereka (Hakim 21:19 dab), dan hari raya ini mungkin berkembang menjadi ziarah tahunan, yang diikuti orangtua Samuel di kemudian hari (1 Samurl 1:3). Pada zaman Eli dan anak-anaknya tempat kudus ini sudah menjadi pusat ibadah, dan kemah Yosua diganti dengan suatu bait suci (hekhal) dengan pintu dan tiang pintu (1 Samuel 1:9).
* 1 Samuel 1:3, 9LAI TB, Orang itu dari tahun ke tahun pergi meninggalkan kotanya untuk sujud menyembah dan mempersembahkan korban kepada TUHAN semesta alam di Silo. Di sana yang menjadi imam TUHAN ialah kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas.KJV, And this man went up out of his city yearly to worship and to sacrifice unto the LORD of hosts in Shiloh. And the two sons of Eli, Hophni and Phinehas, the priests of the LORD, were there.Hebrew,
וְעָלָה הָאִישׁ הַהוּא מֵעִירֹו מִיָּמִים ׀ יָמִימָה לְהִשְׁתַּחֲוֹת וְלִזְבֹּחַ לַיהוָה צְבָאֹות בְּשִׁלֹה וְשָׁם שְׁנֵי בְנֵי־עֵלִי חָפְנִי וּפִנְחָס כֹּהֲנִים לַיהוָה׃Translit, VE'ALAH HA'ISY HAHU ME'IRO MIYAMIM YAMIMAH LEHISYTAKHAVOT VELIZBO'AKH LA'YEHOVAH TSEVA'OT BESYILOHVESYAM SYENEI VENEI-'ELI KHAFNI UFINKHAS KOHANIM LAYEHOVAH
LAI TB, Pada suatu kali, setelah mereka habis makan dan minum di Silo, berdirilah Hana, sedang imam Eli duduk di kursi dekat tiang pintu bait suci TUHAN,KJV, Then Hannah rose after eating and drinking in Shiloh. Now Eli the priest was sitting on the seat by the doorpost of the temple of the LORD.Hebrew,
וַתָּקָם חַנָּה אַחֲרֵי אָכְלָה בְשִׁלֹה וְאַחֲרֵי שָׁתֹה וְעֵלִי הַכֹּהֵן יֹשֵׁב עַל־הַכִּסֵּא עַל־מְזוּזַת הֵיכַל יְהוָה׃Translit, VATAQAM KHANAH 'AKHAREI 'AKHLAH VESYILOH VE'AKHAREI SYATOH VE'ELI HAKOHEN YOSYEV 'AL-HAKISE 'AL-MEZUZAT HEIKHAL YEHOVAH
Walaupun Kitab Suci tak pernah secara langsung menyebut kemusnahannya, tapi bukti-bukti arkeologi sangat cocok dengan acuan-acuan tentang שילה - SYILOH sebagai contoh penghukuman Allah atas kefasikan umat-Nya (Mazmur 78:60; Yeremia 7:12, 14; 26:6, 9). Di pihak lain, disebut nabi Ahia orang Syiloh dalam I Raj 11:29; 14:2, dan penduduk Syiloh lainnya dalam Yeremia 41:5. Penghuni dalam jumlah terbatas tentu terus ada sesudah thn 1050 sM, tapi imamat sudah pindah ke Nob (1 Samuel 22:11; bandingkan 14:3) dan Syiloh tersisih sebagai pusat hidup keagamaan.
II. שילה - SYILOH, GELAR SANG MESIAS
* Kejadian 49:10
LAI TB, Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.
LAI TL, Bahwa tongkat kerajaan itu tiada akan undur dari pada Yehuda dan pemberi hukumpun tidak dari antara kakinya, sehingga datanglah Silo, maka kepadanyalah segala bangsa akan menurut.
KJV, The sceptre shall not depart from Judah, nor a lawgiver from between his feet, until Shiloh come; and unto him shall the gathering of the people be.
Hebrew,
לֹֽא־יָסוּר שֵׁבֶט מִֽיהוּדָה וּמְחֹקֵק מִבֵּין רַגְלָיו עַד כִּֽי־יָבֹא [שִׁילֹה כ] (שִׁילֹו ק) וְלֹו יִקְּהַת עַמִּֽים׃Translit, LO-YASUR SYEVET MIHUDA UMEKHOQEQ MIBEIN RAGLAV 'AD KI-YAVO SYILOH VELO YIKHAT 'AMIM
Nama שילה - SYILOH adalah gelar untuk Mesias, dan nubuat menyatakan bahwa suku Yehuda akan tetap menjadi pemimpin bangsa di Israel, secara khusus menghasilkan raja-raja mereka, dari Raja Daud sampai Mesias datang. Nubuat sudah digenapi sebelum kehancuran Yehuda dan Yerusalem pada tahun 70 Masehi, ketika semua tongkat kerajaan telah meninggalkan Yehuda.
Arti dari kata SYILOH :
- Tranquility (ketenangan / kesentosaan).
- The Peaceable One (Orang yang suka damai).
- The Pacifier (Pembawa damai / perdamaian).
Reff : http://www.sacrednamebible.com/kjvstron ... .htm#S7886
Menurut Keil & Delitzsch: Kata שילה - SYILOH diturunkan dari kata Ibrani שלה - SYALAH, yang berarti to be quiet (= tenang), to enjoy rest (= menikmati ketenangan), security (= keamanan). Shiloh tidak harus menunjuk pada tempat (a place of rest) tetapi bisa menunjuk kepada orang, yaitu ‘the man of rest’ (= manusia damai) atau ‘the bearer of rest’ (= pembawa damai), untuk itulah kembali dalam Yesaya ditegaskan banwa Mesias yang dijanjikan itu adalah "Sang Raja Damai" (Yesaya 9:5).
Artikel terkait :
YESUS SANG MESIAS, di yesus-sang-mesias-vt577.html#1176
Blessings,
BP
July 18, 2008
I. שילה - SYILOH, NAMA TEMPAT
* Hakim 21:19LAI TB, Lalu kata mereka pula: "Setiap tahun ada perayaan bagi TUHAN di Silo yang letaknya di sebelah utara Betel, di sebelah timur jalan raya yang menuju dari Betel ke Sikhem dan di sebelah selatan Lebona."KJV, Then they said, Behold, there is a feast of the LORD in Shiloh yearly in a place which is on the north side of Bethel, on the east side of the highway that goeth up from Bethel to Shechem, and on the south of Lebonah.Hebrew,
וַיֹּאמְרוּ הִנֵּה חַג־יְהוָה בְּשִׁלֹו מִיָּמִים ׀ יָמִימָה אֲשֶׁר מִצְּפֹונָה לְבֵית־אֵל מִזְרְחָה הַשֶּׁמֶשׁ לִמְסִלָּה הָעֹלָה מִבֵּית־אֵל שְׁכֶמָה וּמִנֶּגֶב לִלְבֹונָה׃Translit, VAYOMRU HINEH KHAG-YEHOVAH BESYILO MIYAMIM YAMIMA 'ASYER MITSFONA LEVEIT-'EL MIZREKHA
שילה - SYILOH, atau SILO (LAI TB), menurut Hakim 21:19, berada 'di sebelah utara Betel, di sebelah timur jalan raya yg menuju dari Betel ke Sikhem dan di sebelah selatan Lebona'. Keterangan ini menjabarkan Silo sama dengan desa modem Seilun, suatu tumpukan puing di atas sebuah bukit ± 14 km sebelah utara Betel (Beitin) dan 5 km sebelah tenggara el-Lubban. Tempat ini digali tim penggali Denmark pada thn 1926-1929 dan 1932, dan hasilnya mengisyaratkan bahwa שילה - SYILOH sudah dihuni pada Zaman Tembaga Tengah (2100-1600 sM), demikian terus hingga dimusnahkan kr thn 1050 sM, dan dibiarkan sunyi selama berabad-abad sampai ditempati kembali pada zaman Helenisme.
Di שילה - SYILOH dipasang Kemah Pertemuan pada awal penaklukan tanah Kanaan (Yosua 18:1), dan itulah tempat kudus utama bagi orang Israel selama zaman Hakim-hakim (Hakim 18:31). Itulah tempat tetap untuk merayakan pesta tari-tarian tahunan di kebun-kebun anggur, barangkali pada Hari Raya Menuai (Keluaran 23:16). Suatu kali pada perayaan seperti itu para pemuda Benyamin menangkap gadis-gadis suku lain untuk menjadi istri mereka (Hakim 21:19 dab), dan hari raya ini mungkin berkembang menjadi ziarah tahunan, yang diikuti orangtua Samuel di kemudian hari (1 Samurl 1:3). Pada zaman Eli dan anak-anaknya tempat kudus ini sudah menjadi pusat ibadah, dan kemah Yosua diganti dengan suatu bait suci (hekhal) dengan pintu dan tiang pintu (1 Samuel 1:9).
* 1 Samuel 1:3, 9LAI TB, Orang itu dari tahun ke tahun pergi meninggalkan kotanya untuk sujud menyembah dan mempersembahkan korban kepada TUHAN semesta alam di Silo. Di sana yang menjadi imam TUHAN ialah kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas.KJV, And this man went up out of his city yearly to worship and to sacrifice unto the LORD of hosts in Shiloh. And the two sons of Eli, Hophni and Phinehas, the priests of the LORD, were there.Hebrew,
וְעָלָה הָאִישׁ הַהוּא מֵעִירֹו מִיָּמִים ׀ יָמִימָה לְהִשְׁתַּחֲוֹת וְלִזְבֹּחַ לַיהוָה צְבָאֹות בְּשִׁלֹה וְשָׁם שְׁנֵי בְנֵי־עֵלִי חָפְנִי וּפִנְחָס כֹּהֲנִים לַיהוָה׃Translit, VE'ALAH HA'ISY HAHU ME'IRO MIYAMIM YAMIMAH LEHISYTAKHAVOT VELIZBO'AKH LA'YEHOVAH TSEVA'OT BESYILOHVESYAM SYENEI VENEI-'ELI KHAFNI UFINKHAS KOHANIM LAYEHOVAH
LAI TB, Pada suatu kali, setelah mereka habis makan dan minum di Silo, berdirilah Hana, sedang imam Eli duduk di kursi dekat tiang pintu bait suci TUHAN,KJV, Then Hannah rose after eating and drinking in Shiloh. Now Eli the priest was sitting on the seat by the doorpost of the temple of the LORD.Hebrew,
וַתָּקָם חַנָּה אַחֲרֵי אָכְלָה בְשִׁלֹה וְאַחֲרֵי שָׁתֹה וְעֵלִי הַכֹּהֵן יֹשֵׁב עַל־הַכִּסֵּא עַל־מְזוּזַת הֵיכַל יְהוָה׃Translit, VATAQAM KHANAH 'AKHAREI 'AKHLAH VESYILOH VE'AKHAREI SYATOH VE'ELI HAKOHEN YOSYEV 'AL-HAKISE 'AL-MEZUZAT HEIKHAL YEHOVAH
Walaupun Kitab Suci tak pernah secara langsung menyebut kemusnahannya, tapi bukti-bukti arkeologi sangat cocok dengan acuan-acuan tentang שילה - SYILOH sebagai contoh penghukuman Allah atas kefasikan umat-Nya (Mazmur 78:60; Yeremia 7:12, 14; 26:6, 9). Di pihak lain, disebut nabi Ahia orang Syiloh dalam I Raj 11:29; 14:2, dan penduduk Syiloh lainnya dalam Yeremia 41:5. Penghuni dalam jumlah terbatas tentu terus ada sesudah thn 1050 sM, tapi imamat sudah pindah ke Nob (1 Samuel 22:11; bandingkan 14:3) dan Syiloh tersisih sebagai pusat hidup keagamaan.
II. שילה - SYILOH, GELAR SANG MESIAS
* Kejadian 49:10
LAI TB, Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.
LAI TL, Bahwa tongkat kerajaan itu tiada akan undur dari pada Yehuda dan pemberi hukumpun tidak dari antara kakinya, sehingga datanglah Silo, maka kepadanyalah segala bangsa akan menurut.
KJV, The sceptre shall not depart from Judah, nor a lawgiver from between his feet, until Shiloh come; and unto him shall the gathering of the people be.
Hebrew,
לֹֽא־יָסוּר שֵׁבֶט מִֽיהוּדָה וּמְחֹקֵק מִבֵּין רַגְלָיו עַד כִּֽי־יָבֹא [שִׁילֹה כ] (שִׁילֹו ק) וְלֹו יִקְּהַת עַמִּֽים׃Translit, LO-YASUR SYEVET MIHUDA UMEKHOQEQ MIBEIN RAGLAV 'AD KI-YAVO SYILOH VELO YIKHAT 'AMIM
Nama שילה - SYILOH adalah gelar untuk Mesias, dan nubuat menyatakan bahwa suku Yehuda akan tetap menjadi pemimpin bangsa di Israel, secara khusus menghasilkan raja-raja mereka, dari Raja Daud sampai Mesias datang. Nubuat sudah digenapi sebelum kehancuran Yehuda dan Yerusalem pada tahun 70 Masehi, ketika semua tongkat kerajaan telah meninggalkan Yehuda.
Arti dari kata SYILOH :
- Tranquility (ketenangan / kesentosaan).
- The Peaceable One (Orang yang suka damai).
- The Pacifier (Pembawa damai / perdamaian).
Reff : http://www.sacrednamebible.com/kjvstron ... .htm#S7886
Menurut Keil & Delitzsch: Kata שילה - SYILOH diturunkan dari kata Ibrani שלה - SYALAH, yang berarti to be quiet (= tenang), to enjoy rest (= menikmati ketenangan), security (= keamanan). Shiloh tidak harus menunjuk pada tempat (a place of rest) tetapi bisa menunjuk kepada orang, yaitu ‘the man of rest’ (= manusia damai) atau ‘the bearer of rest’ (= pembawa damai), untuk itulah kembali dalam Yesaya ditegaskan banwa Mesias yang dijanjikan itu adalah "Sang Raja Damai" (Yesaya 9:5).
Artikel terkait :
YESUS SANG MESIAS, di yesus-sang-mesias-vt577.html#1176
Blessings,
BP
July 18, 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar