Kamis, 10 Maret 2011

Bantahan atas topik : 7. MENGAPA YESUS PERNAH MENUNDA PERNYATAAN DIRINYA SEBAGAI MESIAS DIHADAPAN ORANG BANYAK?


7. MENGAPA YESUS PERNAH MENUNDA PERNYATAAN DIRINYA SEBAGAI MESIAS DIHADAPAN ORANG BANYAK?


Jika Yesus tidak pernah menolak Gelar Mesias bagi diriNya, mengapa Ia pernah melarang murid-muridNya memberitahukan kepada orang lain bahwa Ia adalah Mesias yang dijanjikan? 

Bahkan ada ayat yang menulis bahwa Ia pernah menyingkir dari kerumunan orang untuk menghindari sebutan "Mesias/Raja" bagi diriNya? 


* Yohanes 6:14-15
6:14 Ketika orang-orang itu melihat mujizat yang telah diadakan-Nya, mereka berkata: "Dia ini adalah benar-benar Nabi yang akan datang ke dalam dunia."
6:15 Karena Yesus tahu, bahwa mereka hendak datang dan hendak membawa Dia dengan paksa untuk menjadikan Dia raja, Ia menyingkir pula ke gunung, seorang diri. 



Ayat diatas adalah kenyataan yang menunjukkan bahwa kendati dalam pelayananNya Yesus implisit berberilaku sebagai Mesias atau 'Yang diurapi', dan Ia tidak menggembar-gemborkan hal itu, Karena pada saat itu pelayananNya belum dianggap selesai .

Ia memang telah mengumumkan datangnya pemerintahan Kerajaan Allah dan menghubungkan kedatangan Kerajaan Allah itu dengan aktivitasNya sendiri (Matius 12:28 ), dan Dia bertindak dengan otoritas ilahi (Markus 2:7). Dalam pelayanan itu timbul pertanyaan apakah benar Dia adalah Raja yang dinanti-nantikan itu (bandingkan dengan Yohanes 4:29; 7:25-31), sehingga banyak orang ingin menjadikan Dia raja (Yohanes 6:15). 

Karena orang-orang Yahudi saat itu pada umumnya, berharap bahwa Sang Mesias itu seharusnya menjadi tokoh utama dalam pergolakan politik dan membebaskan mereka dari penjajahan bangsa kafir Romawi; Kalaupun masih ada orang Yahudi yang mendambakan peranan Mesias yang bersifat rohani, Yesus perlu menghindari gambaran yang salah tentang diriNya, karena Yesus memang tidak bergabung dengan pemberontak politik yang melancarkan pembelaan dengan kekerasan pada zamanNya. 

Unsur lain, Yesus tidak langsung mengumumkan ke-Mesias-an-Nya sampai Ia menunjukkan bahwa Dia-lah Mesias melalui perbuatanNya, atau sampai orang benar-benar mengenal hakikat sesungguhnya dari jabatan Mesias itu. 

Dengan berbuat seperti itu, Yesus membebaskan ke-Mesias-an itu dari sentuhan politik duniawi, dan menyampaikan arti yang benar tentang Mesias, sesuai dengan konsep Perjanjian Lama dan nubuat-nubuat perihal tindakan penyelamatan penuh kuasa dari pihak Allah terutama nubuat yang telah ditulis oleh nabi Yesaya.

Maka larangan bagi murid-muridNya untuk mengabarkan kepada orang lain bahwa Yesus adalah Mesias, yang tertulis dalam Markus 8:30 ; Markus 9:7-9; Matius 16:20; 17:9 itu bersifat sementara. Dengan alasan karena luasnya salah pemahaman mengenai Mesias diantara orang Yahudi. Maka Ia-pun menunda menyatakan diriNya sebagai Mesias sebelum saatnya tiba.

Orang Yahudi mempunyai pandangan 'yang salah' tentang Mesias, pengharapan orang Yahudi terhadap Mesias adalah terkait pada hal-hal yang lahiriah. Tetapi misi Yesus bukan untuk hal-hal lahiriah saja, ada hal-hal lain yang jauh lebih penting, yaitu hal rohaniah dan yang terpenting diatas semuanya adalah pernyataan bahwa Ia adalah Sang Juru Selamat yang menebus manusia dari dosa-dosa.

Baru sesudah Ia menyelesaikan misi pelayananNya untuk menderita di kayu salib, Ia mengumumkan secara terbuka perananNya sebagai Raja-Mesias, saat Ia dielu-elukan memasuki Yerusalem (Matius 21:1-11; Markus 11:1-18; Lukas 19:1-48, Yohanes 12:12-50). Dalam peristiwa ini Yesus secara luas menyatakan diriNya sebagai Mesias yang dijanjikan, bandingkan dengan Nubuat dalam Perjanjian Lama yaitu nubuat nabi Zakaria sekitar tahun 520 SM – 470 SM :


* Zakaria 9:9
LAI TB, Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.
KJV, Rejoice greatly, O daughter of Zion; shout, O daughter of Jerusalem: behold, thy King cometh unto thee: he is just, and having salvation; lowly, and riding upon an ass, and upon a colt the foal of an ass.
Hebrew,
גִּילִי מְאֹד בַּת־צִיֹּון הָרִיעִי בַּת יְרוּשָׁלִַם הִנֵּה מַלְכֵּךְ יָבֹוא לָךְ צַדִּיק וְנֹושָׁע הוּא עָנִי וְרֹכֵב עַל־חֲמֹור וְעַל־עַיִר בֶּן־אֲתֹנֹֽות׃
Translit, GILI ME'OD BAT-TSIYON HARI'I BAT YEROUSYALAM HINEH MALKEKH YAVO LAKH TSADIK VENOSYA HU 'ANI VEROKHEV AL-KHAMOR VE'AL-AYIR BEN-ATONOT


Dihadapan para imam yang mengadiliNya dengan tegas Ia menyatakan bahwa memang Dia adalah Mesias/Kristus : 


* Markus 14:61-62 
14:61 LAI TB, Tetapi Ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi, katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?" 
KJV, But he held his peace, and answered nothing. Again the high priest asked him, and said unto him, Art thou the Christ, the Son of the Blessed
The Orthodox Jewish Brit Chadasha, "But Rebbe, Melech HaMoshiach was silent and did not answer anything. Again the Kohen Gadol was questioning him and says to him, 'Are you the Rebbe, Melech HaMoshiach, HaBen Hamevorakh?" 
TR, ο δε εσιωπα και ουδεν απεκρινατο παλιν ο αρχιερευς επηρωτα αυτον και λεγει αυτω συ ει ο χριστος ο υιος του ευλογητου 
Interlinear, ho de {tetapi} esiôpa {tetap diam} kai {dan} ouden {sama sekali ridak} apekrinato {menajwab} palin {lagi} ho arkhiereus {imam Besar} epêrôta {bertanya} auton {dia} kai {dan} legei {berkata} autô {kepadaNya} su {Engkau} ei {adalah} ho khristos {MESIAS} ho huios {ANAK} tou{DARI} eulogêtou {YANG TERPUJI?} 

14:62 LAI TB, Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit." 
KJV, And Jesus said, I am: and ye shall see the Son of man sitting on the right hand of power, and coming in the clouds of heaven. 
The Orthodox Jewish Brit Chadasha, And Rebbe, Melech HaMoshiach said, 'Ani hu, and you will see the BEN HAADAM YOSHEV LIMIN HaGevurah UVA IM ANENEI HASHOMAYIM".
TR, ο δε ιησους ειπεν εγω ειμι και οψεσθε τον υιον του ανθρωπου καθημενον εκ δεξιων της δυναμεως και ερχομενον μετα των νεφελων του ουρανου 
Interlinear, ho de {lalu} iêsous {Yesus} eipen {berkata} egô eimi {AKULAH DIA} kai {dan} opsesthe {kamu akan melihat} ton huion {Anak} tou anthrôpou {manusia} kathêmenon {duduk} ek {di} dexiôn {kanan} tês dunameôs {Yang Maha Kuasa} kai {dan} erkhomenon {datang} meta {dengan} tôn nephelôn {awan-awan} tou ouranou {di langit} 

(Bandingkan dengan Matius 26:63-64; Lukas 22:67-70)


Yesus Kristus mengaku sebagai Mesias baik secara implisit maupun eksplisit. Ia tidak pernah menolak orang memanggilnya Mesias, dan Ia tidak menolak gelar-gelar lain yang berkaitan dengan gelar Mesias. 
Dengan menyatakan diriNya sebagai Mesias, maka secara implisit pula Yesus juga menyatakan diriNya sebagai Juruselamat dunia.


* Yohanes 12:47
LAI TB, Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
KJV, And if any man hear my words, and believe not, I judge him not: for I came not to judge the world, but to save the world. 
The Orthodox Jewish Brit Chadasha, "And if anyone hears my dvarim and of my dvarim is not shomer, I do not judge him, for I did not come to bring the Olam Hazeh into mishpat, but that I may save the Olam Hazeh."
TR, και εαν τις μου ακουση των ρηματων και μη πιστευση εγω ου κρινω αυτον ου γαρ ηλθον ινα κρινω τον κοσμον αλλ ινα σωσω τον κοσμον
Interlinear, kai {tetapi} ean {jikalau} tis {ada orang} mou {Ku} akousê {mendengar} tôn rêmatôn {perkataan-perkataan} kai {dan} mê {tidak} pisteusê {mematuhi} egô {Aku} ou krinô {tidak menghakimi} auton {dia} ou {bukan} gar {sebab} êlthon {Aku datang} hina {untuk} krinô {menghakimi} ton kosmon {dunia} all {melainkan} ina {untuk} sôsô {menyelamatkan} ton kosmon {(manusia di) dunia}



8. PENUTUP :


Adalah jelas bahwa Yesus mengajar murid-muridNya untuk mempercayai bahwa Dia-lah Mesias atau Kristus yang datang dari Allah. Tapi karena luasnya salah pemahaman mengenai Mesias diantara orang Yahudi (bandingkan dengan Yohanes 6:15), maka Ia melarang keras membicarakan ke-Mesias-an-Nya di muka umum (Markus 9:7-9; Matius 16:20; 17:9). Baru sesudah Ia menyelesaikan misi pelayananNya untuk menderita di kayu salib, Ia mengumumkan secara terbuka perananNya sebagai Raja-Mesias, saat Ia dielu-elukan memasuki Yerusalem (Matius 21:1-11; Markus 11:1-18; Lukas 19:1-48, Yohanes 12:12-50). Dihadapan hakim-hakim yang mengadiliNya dengan tegas Ia menyatakan bahwa memang Dia adalah Mesias/Kristus (Matius 26:63-64; Markus 14:61-62; Lukas 22:69-71; 23:2-3), tapi Dia bukan Mesias duniawi seperti yang diharapkan orang Yahudi (Yohanes 18:26). 

Penting diperhatikan, Yesus tidak mengajarkan bahwa karena Dia adalah Mesias maka Dia adalah Anak Allah. Sebaliknya dasar ajaranNya ialah bahwa Dia adalah Anak Allah dalam arti mutlak (bandingkan dengan Matius 27:43; 11:27; 24:36, Markus 13:32 dst), dan karena Dia adalah Anak Allah maka Dia adalah Mesias yang sesungguhnya, yang diurapi Allah. Pertama-tama yang paling asasi Dia adalah Allah itu sendiri, yang inkarnasi menjadi manusia, dalam keadaan inkarnasi ini Iapun mendapat gelar Anak Allah, yang Tunggal dari Bapa (Yohanes 1:14 ) .


* Yohanes 20:31 
LAI TB, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.
KJV, But these are written, that ye might believe that Jesus is the Christ, the Son of God; and that believing ye might have life through his name
TR, ταυτα δε γεγραπται ινα πιστευσητε οτι ο ιησους εστιν ο χριστος ο υιος του θεου και ινα πιστευοντες ζωην εχητε εν τω ονοματι αυτου
Interlinear, tauta {(hal-hal) ini} de {tetapi} gegraptai {telah ditulis} hina {supaya} pisteusête {kamu percaya} hoti {bahwa} ho iêsous {Yesus} estin {adalah} ho khristos {Kristus/Mesias} ho huios {Anak} tou theou {Allah} kai {dan} hina {supaya} pisteuontes {karena percaya} zôên {hidup} ekhête {kamu beroleh} en {melalui} tô onomati {nama} autou {-Nya}



Amin.



Blessings in Christ,
BP
August 2, 2006



Artikel terkait :
MESIAS - YANG DIURAPI, di mesias-yang-diurapi-vt2222.html
=================================================================
BANTAHAN(nanti)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar