Kamis, 10 Maret 2011

Bantahan atas topik : YESUS KRISTUS ADALAH ALLAH BERDASARKAN KAIDAH BAHASA YUNANI 2


yang walaupun dalam rupa Allah , tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,


* Filipi 2:6LAI TB, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,KJV, Who, being in the form of God, thought it not robbery to be equal with God: 
TR, ος εν μορφη θεου υπαρχων ουχ αρπαγμον ηγησατο το ειναι ισα θεω 
Interlinear, hos {yang} en {dalam} morphê {rupa/sifat} theou {Allah} huparkhôn {walaupun adalah} oukh {tidak} arpagmon {suatu rampasan/sesuatu yang dipertahankan} êgêsato {menganggap} to {hal} einai {menjadi} isa {yang setara} theô {dengan Allah}


Yang walaupun dalam rupa Allah ος εν μορφη θεου ; hos en morphê theou.
Kata Yunani μορφη - morphê adalah bentuk sebagaimana seseorang dilihat oleh mata jasmani, penampilan lahiriah. Sebelum mengkaji makna kata ini, ada baiknya kita tinjau beberapa kata yang mengandung makna yang hampir sama yaitu σχημα - skhêma, dan ιδεα - idea.

Kata Yunani σχημα - skhêma adalah pola atau patron , pembentukan fisik yang digunakan untuk membanding sesuatu dengan seseorang.


*1 Korintus 7:31LAI TB, pendeknya orang-orang yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya. Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang (skhêma) akan berlalu.KJV, And they that use this world, as not abusing it: for the fashion of this world passeth away. TR και οι χρωμενοι τω κοσμω τουτω ως μη καταχρωμενοι παραγει γαρ το σχημα του κοσμου τουτου
Translit, kai hoi khrômenoi tô kosmô toutô hôs mê katakhrômenoi paragei gar to skhêma tou kosmou toutou


* Filipi 2:8LAI TB, Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.KJV, And being found in fashion as a man, he humbled himself, and became obedient unto death, even the death of the cross. TR, και σχηματι ευρεθεις ως ανθρωπος εταπεινωσεν εαυτον γενομενος υπηκοος μεχρι θανατου θανατου δε σταυρου
Translit, kai skhêmati euretheis hôs anthrôpos etapeinôsen heauton genomenos hupêkoos mekhri thanatou thanatou de staurou


Kata Yunani ιδεα - idea sering dihubungkan dengan raut wajah seseorang, bukan keseluruhan fisik, kata ini hanya muncul satu kali dalam Perjanjian Baru Yunani.


* Matius 28:3LAI TB, Wajahnya (idea) bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju.KJV, TR, ην δε η ιδεα αυτου ως αστραπη και το ενδυμα αυτου λευκον ωσει χιων
Translit, ên de hê idea autou hôs astrapê kai to enduma autou leukon hôsei khiôn


Kata ιδεα - idea semata-mata merujuk kepada penampilan luar. Baik μορφη - morphê maupun σχημα - skhêma lebih luas. Kedua-duanya merujuk kepada penampilan luar, tetapi mencakup kebiasaan, aktivitas dan tindakan pada umumnya. Kata μορφη - morphê juga melibatkan penampilan luar sekaligus hakekat sebelah dalam, hal ini tidak dijumpai pada kata skhêmaμορφη - morphê menyatakan bentuk alami sedangkan σχημα - skhêma merujuk kepada figur. 

Baik σχημα - skhêma maupun idea-idea berhubungan dengan bagian luar, σχημα - skhêma lebih luas ruang lingkupnya ketimbang ιδεα - idea, sedangkanμορφη - morphê berhubungan dengan bagian luar yang mencetuskan apa yang ada di dalam.

Kedua kata μορφη - morphê dan σχημα - skhêma digunakan berganti-gantian dalam konteks Filipi 2:6-8. Ayat 6 dan 7 sudah dikutip, dan inilah ayat ke-8.

* Filipi 2:7LAI TB, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa (morphê) seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.KJV, But made himself of no reputation, and took upon him the form of a servant, and was made in the likeness of men: TR, αλλ εαυτον εκενωσεν μορφην δουλου λαβων εν ομοιωματι ανθρωπων γενομενος 
Translit, all heauton ekenôsen morphên doulou labôn en homoiômati anthrôpôn genomenos

Kembali kepada konteks Filipi 2:6. Jelas sekali Paulus menyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Allah secara hakekat.

Sumber : Yohannes/ Biblika

Top
==================================================


 BANTAHAN(nanti) :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar